LOUNCHING APLIKASI SIKDA GENERIK DI UPTD PUSKESMAS KAIMANA OLEH BUPATI KAIMANA

 LOUNCHING APLIKASI SIKDA GENERIK DI UPTD PUSKESMAS KAIMANA OLEH BUPATI KAIMANA

Bupati Kaimana Freddy Thie Menghadiri Lounching Aplikasi Sikda Generik di UPTD Puskesmas Kaimana

Kabupaten Kaimana – Bupati Kaimana Freddy Thie dan Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada menghadiri Lounching penggunaan aplikasi pelayanan berbasis elektronik di UPTD Puskesmas Kaimana yang diberi nama Aplikasi SIKDA GENERIK (Sistem  Informasi Kesehatan Generik) pada hari Selasa (24/08/2021) bertempat di Ruang Rapat UPTD Puskesmas Kaimana.

Bupati Kaimana Hadiri Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas  Kaimana
Bupati dan Wakil Bupati Kaimana di Arak Menuju Tempat Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana

Hadir pada kegiatan tersebut secara Hibrid yaitu kolaborasi pertemuan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku yakni Bupati Kaimana, Freddy Thie, Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, Kepala Kejaksaan Negeri Kaimana Wahyudi Eko Husodo, SH, MH., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kaimana Dinar Pakpahan, SH, MH., Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, SIK, Damdim 1804 Kaimana Letkol Inf Chairi Suhanda, Danyon 764 Iamba Baua Letkol Inf Dwi Dipoyono, S.Sos, Sekretaris Daerah Arsami, SE, MM., Asisten I Luther Rumpumbo, S.Pd, MM, Kadis Kesehatan Arifin Sirfefa, S.K.M, MM. Kepala UPTD Puskesmas Kaimana dr. Vincensia Thie  dan para undangan lainnya. Adapun  juga Kepala Pusat Data  dan Informasi Kementerian Kesehatan RI dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat  mengikuti acara tersebut  secara virtual.

Bupati dan Wakil Bupati Kaimana  Beserta Anggota Forkopimda  Dalam Acara  Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana
Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Beserta Anggota Forkopimda Dalam Acara Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana

Acara diawali dengan laporan Kepala dinas Kesehatan terkait  implementasi penggunaan Aplikasi Sikda Generik pada puskesmas Kaimana yang merupakan Puskesmas pertama di Provinsi Papua Barat yang menggunakan Aplikasi tersebut, dengan harapan digunakannya aplikasi ini memudahkan petugas Puskesmas Kaimana dalam melakukan pelaporan data yang cepat, tepat dan akurat.

Laporan Kepala Dinas Kesehatan Terkait Pelaksanaan Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana
Laporan Kepala Dinas Kesehatan Terkait Pelaksanaan Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana

Bupati Kaimana dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Puskesmas Kaimana yang telah menggunakan aplikasi berbasis teknologi. Belia berharap tidak hanya puskesmas tetapi juga RSUD dan OPD-OPD yang ada agar dapat menggunakan aplikasi pelayanan berbasis teknologi.  

“Kami merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada Puskesmas Kaimana Semoga ini bisa menjadi contoh bukan hanya pada Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kabupaten Kaimana, diharapkan juga untuk RSUD Kabupaten Kaimana dan juga ke depan semua OPD yang ada di lingkup Kabupaten Kaimana bisa menggunakan teknologi yang sementara ini menjadi tujuan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah” Ucap Bupati Kaimana.

Dalam sambutannya, Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya Aplikasi Sikda Generik bagi Puskesmas sebagai  data  rekam medis yang juga dapat terkoneksi dengan aplikasi BPJS kesehatan yang merupakan implementasi Visi dan Misi dari Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2021-2024.

Sambutan Bupati Kaimana Pada Pelaksanaan Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana
Sambutan Bupati Kaimana Pada Pelaksanaan Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana

“Aplikasi Sikda Generik di puskesmas ini merupakan salah satu visi dari kami saya dan Wakil Bupati yaitu mewujudkan masyarakat Kaimana yang maju, adil dan sejahtera dan juga sumber daya manusia berdasarkan kearifan lokal jadi sekali lagi Aplikasi ini sangat membantu pelayanan di Puskesmas supaya masyarakat punya rekam medis bisa tersimpan baik sehingga data ini bukan hanya rekam data medis tapi  juga  dengan aplikasi BPJS.” Ujar Freddy Thie.

Bupati Kaimana dalam mengakhiri sambutannya juga mengharapkan kedepan ada peningkatan-peningkatan atau inovasi-inovasi yang lain yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat di Kabupaten Kaimana.

Bupati Kaimana Melakukan Penggutingan Pita Pada Pelaksanaan Lounching Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana

Puncak acara Lounching Aplikasi Sikda Generik  ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Kaimana  Freddy Thie usai memberikan sambutan dan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Arifin Sirfefa, S.K.M, MM. dan Kepala UPTD Puskesmas Kaimana dr. Vincensia Thie,

Bupati Kaimana mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Menyerahkan Bantuan  Kepada Kepala UPTD Puskesmas Kaimana.
Bupati Kaimana mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Menyerahkan Bantuan Kepada Kepala UPTD Puskesmas Kaimana.

Usai melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya penggunaan Aplikasi Sikda Generik di Puskesmas Kaimana, Bupati Kaimana mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat menyerahkan bantuan berupa 1(satu) set Kamera Video Conference kepada Kepala UPTD Puskesmas Kaimana.

Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Melakukan Ujicoba Aplikasi Sikda Generik dipandu Kepala UPTD Puskesmas Kaimana
Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Melakukan Ujicoba Aplikasi Sikda Generik dipandu Kepala UPTD Puskesmas Kaimana

Pelaksanaan ujicoba Aplikasi Sikda Generik dilakukan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kaimana, yang di Pandu langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Kaimana dan didampingi Kepala Dinas Kaimana dan Anggota Forkopimda mengakhiri seluruh rangkaian Lounching penggunaan aplikasi pelayanan berbasis elektronik di UPTD Puskesmas Kaimana

Hidayat Sirfefa

Related post