LAUNCHING FREE WIFI STATION OLEH BUPATI KAIMANA

 LAUNCHING FREE WIFI STATION OLEH BUPATI KAIMANA

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana Dalam rangka mengimplementasikan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam rangka menciptakan wifi gratis,  maka pada hari ini Kamis (08/07/2021), secara resmi Bupati Kaimana Freddy Thie meresmikan penggunaan wifi gratis untuk masyarakat Kabupaten Kaimana pada salah satu titik yang berletak di Taman Jokowi Iriana / Taman Kota Kaimana

Hadir pada acara tersebut Bupati Kaimana Freddy Thie, Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, S.P., Kepala Dinas Kominfo Mozes D. Werinussa, SE, MM., dan Kepala PT. Telkom Kaimana Arnesius Leleuly, serta para Insan pers yang ada di Kabupaten Kaimana.

Dalam Laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Mozes D. Werinussa, SE, MM., menjelaskan tentang Launching Free Wifi Station yang dilakukan saat ini merupakan bagian dari peran Dinas Kominfo dalam mendukung akses pembangunan secara nasional lebih khusus di Kabupaten Kaimana menuju Kaimana smartcity sebagaimana termuat dalam  Visi dan Misi Pemerintah Daerah dan juga merupakan bagian dari realisasi 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana.

Laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika pada acara Lounching Wifi Gratis

Lebih Lanjut Kadis Kominfo dalam laporannya menjelaskan tentang maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Lounching Wifi Gratis yang dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan Informasi publik kepada masyarakat di Kabupaten Kaimana dengan tujuan yang ingin dicapai.

“maksud dan tujuan kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan informasi publik kepada masyarakat di Kabupaten Kaimana dengan tujuan pertama meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik,  Yang kedua meningkatkan kemampuan masyarakat dalam penggunaan dan pemanfaatan internet,  yang ketiga meningkatkan pertumbuhan UMKM, yang keempat meningkatkan sektor pariwisata yang kelima meningkatkan kemudahan aksebilitas pendidikan dan selanjutnya meningkatkan kreaktivitas masyarakat” Ungkap Kadis Kominfo

Bupati Kaimana dalam sambutannya menyatakan bahwa Launching wifi gratis ini merupakan satu dari Program Unggulan yang termuat dalam program kerja Bupati dan Wakil Bupati Kaimana. Ada 6 titik yang sudah terpasang dan akan ditambah  dengan 10 Titik yang tersebar dari Anda Air sampai coa.

Sambutan Bupati Kaimana Freddy Thie pada acara Lounching Wifi Gratis

“Kita bisa sama-sama menyaksikan salah satu dari 19 program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana periode 2021-2024. Dengan Launching free wifi Station yang tadi sudah disampaikan oleh Kepala Dinas bahwa ada dua tahap Tahap pertama ada 6 titik , dan nanti ada tahap kedua jumlahnya ada 10 titik, ini menandakan bahwa komitmen Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan Visi Misi kita, janji kita untuk kita tunaikan. Wifi ini buka hanya di taman Jokowi Iriana saja tetapi tersebar mulai dari  Anda Air nanti sampaidengan Cua”. Ucap Bupati

Bupati Juga berharap untuk masyarakat khususnya peserta didik agar bisa memanfaatkan wifi gratis ini guna meringankan beban orang tua. Beliau mengharapkan dengan free wifi ini dapat membantu masyarakat yang ada disekitar station mmemanfaatkan dan menjaga jangan sampai wi-fi ini rusak

“Diharapkan untuk masyarakat khususnya adik-adik yang sekolah yang daring, ini bisa dimanfaatkan wifi gratis supaya tidak ada lagi beban bagi orang tua di saat kondisi covid yang sementara ini cukup meningkat di seluruh dunia bahkan Indonesia juga khususnya Kaimana. Diharapkan dengan adanya lounching ini  dapat membantu kita masyarakat yang ada disekitar station ini supaya bisa digunakan dengan sebaik-baiknya dan juga dapat menjaga jangan sampai barang  ini rusak . Satu  Station 100 Mbps sudah tentu cukup.  Nanti kalau ke depan masih kurang kita akan naik ke tarif yang lebih besar lagi” Lanjut Bupati

Dalam sambutannya beliau juga menjelaskan terkait koordinasinya dengan Dinas Pendidikan terkait pembebasan biaya  terutama bagi  wajib belajar sembilan tahun dan juga kekhususan bagi Siswa OAP yang yang akan dibebaskan dari biaya pendaftaran pada SMA nantinya yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Sambutan Bupati Kaimana pada acara Lounching Wifi Gratis,

”Bukan hanya Launching Wifi Gratis, tadi kita sudah berkoordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan karena sekarang ini tahun ajaran baru untuk SD dan SMP yang disebut wajib belajar sembilan tahun saya pastikan bahwa semua biaya itu ditanggung oleh Pemerintah Daerah. Saya sudah perintahkan kepada Kadis Pendidikan supaya dana-dana yang disiapkan untuk SD dan SMP supaya secepatnya dicairkan supaya sekolah tidak ada pungutan-pungutan biaya yang lain-lain.  Dan juga kebetulan tadi ada masyarakat yang datang ke Kantor Bupati menyampaikan keluh kesah untuk tahun ajaran baru pada tingkat SMA itu ada biaya sebesar Rp1.665.000 saya pastikan khusus untuk orang asli Papua yang anak-anaknya ikut mendaftar di SMA nanti juga menjadi tanggung jawab Pemda Kabupaten Kaimana, jadi sekali lagi ini beberapa hal dari Program Unggulan saya Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada”. Himbau Freddy Thie.

Usai memberikan sambutan acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Kaimana didampingi Wakil Bupati Kaimana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana serta Kepala PT. Telkom Kaimana dan disaksikan oleh insan pers yang hadir yang menandai Launching Free Wifi Station atau Program Wifi Gratis bagi masyarakat telah resmi untuk digunakan.

Foto bersama Bupati , Wakil Bupati , Kepala Dinas Kominfo serta Kepala PT. Telkom

Sesi Foto bersama Bupati Kaimana, Wakil Bupati Kaimana, Kepala Dinas Kominfo serta Kepala PT. Telkom Kaimana menandai berakhirnya seluruh rangkaian acara Launching Free Wifi Station .

Hidayat Sirfefa

Related post