PEERTEMUAN PERWAKILAN BPKP PAPUA BARAT BERSAMA PEMERINTAH DAEARAH KABUPATEN KAIMANA

 PEERTEMUAN PERWAKILAN BPKP PAPUA BARAT  BERSAMA PEMERINTAH DAEARAH KABUPATEN KAIMANA

Ketua Perwakilan BPKP Papua Barat Bersama Asisten I Pada Pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

KABUPATEN KAIMANA – Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kaimana Luther Rumpumbo, S.Pd, MM.,  bersama Pimpinan OPD yang ada di Kabupaten Kaimana melakukan tatap muka bersama Moch Fahrudin Kepala Perwakilan BPKP Papua Barat bersama team yang diprakarsai oleh Inspektorat Kabupaten Kaimana dilaksanakan pada hari Jumat (19/11/2021) bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana.

Pertemuan Antar Ketua Perwakilan BPKP Papua Barat Bersama Tim dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Pertemuan yang dilakukan antara Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Asisten I berasama bersama Pimpinan OPD dengan Perwakilan BPKP Papua Barat adalah langkah awal yang bertujuan  untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan yang berkaitan dengan pengelolaan  keuangan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, serta baik dan benar sebagaimana tealah ditegashkan dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 Pasal 2. serta juga tidak terlepas dari penilaian maturitas SPIP yang dimiliki oleh BPKP .

Pemaparan Ketua Perwakilan BPKP Papua Barat Pada Pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Dalam pemaparannya Ketua perwakilan BPKP Papua Barat menjelaskan terkait keberadaan BPKP yang berdiri pada dua sanggahan, yang pertama yang menjadi prioritas utama adalah berharap pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangannya berjalan dengan baik dan benar, masyarakat sejahtera tidak terjadi korupsi  dan lain sebagainnya, yang kedua, disaat terjadi korupsi terpaksa kami datangi dengan penyidik polisi dan kejaksaan,tapi kalo lami disuruh memilih kami memilih yang pertama.

“Kami berdiri dua kaki, kaki pertama yang utama, kami ingin Pemda itu berjalan dengan baik, mencapai tujuan, masyarakat sejahtera, tidak terjadi korupsi dan lain sebagainya, di kaki satu lagi disaat terjadi korupsi, terpaksa kami datangi dengan penyidik polisi dan kejaksaan, tapi kalo kami disuruh memilih kami memilih yang pertama. Dengan cara seperti ini, membangun pengendalian sebaik-baiknya” Ijar Much Fahrudin.

Asisten I Sekretariat Daerah dalam Arahannya Pada Pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Hal senada juga disampaikan Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kaimana terkait kegiatan yang dilaksanakan  oleh BPKP terkait penilaian maturitas SPIP dimana menurut Asisten I adalah bagaimana pengendalian secara internal dalam sebua Organisasi Perangkat Daerah yang berurusan terkait dengan masalah pengelolaan keuangan, bila pengendalian dilakukan semua pengelolaan keuangan akan berjalan dengan baik yang dampaknya akan berimbas kepada masyarakat yang ada di kampung-kampung. Beliau berharap tidak ada pimpinan dan siapapun terkait dengan pengelolaan keuangan agar tidak dihadapkan dengan masalah hukum nantinya.

Sesi Tanya Jawab yang dipandu Langsung Oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Kaimana

Acara diakhiri sesi tanya jawab antara beberapa kepala OPD yang hadir  dengan kepala Perwakilan BPKP Papua Barat yang dipandu langsung oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Kaimana.

Hidayat Sirfefa

Related post