PEMBAHASAN AWAL RPJMD KABUPATEN KAIMANA 2021-2026

 PEMBAHASAN AWAL RPJMD KABUPATEN KAIMANA 2021-2026

Kepala Bappeda, Plt SEKDA dan Asisten I dalam Pembahasan Awal RPJMD

Pembahasan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kaimana Tahun 2021-2026 yang diprakarsai oleh Bappeda Litbang Kabupaten Kaimana bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana, pada hari Jumat (11/06/2021).

Hadir pada Acara pembahasan tersebut Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana Luther Rumpumbu, S. Pd, MM., Plt. Asisten I Mozes D. Werinussa,SE, MM.,  Kepala Bappeda Litbang  Abdul Rahim Furuada, S.Sos, MT, serta Para kepala OPD se-Kabupaten Kaimana, dan juga Bupati Kaimana Freddy Thie, yang mengikuti jalannya acara secara virtual dari Jakarta.

Dalam Arahan pembuka yang disampaikan Bupati Kaimana melalui video conference menjelaskan terkait dengan penyusunan RPJMD yang harus dilakukan tepat waktu dan harus berdasarkan data, serta juga harus selaras dengan visi misi dari pada bupati dan wakil bupati terpilih.

“Saya berharap dalam penyusunan RPJMD ini pertama kita bisa tepat waktu, yang kedua dari aspek perencanaan pelaksanaan berharap bisa sesuai dengan visi misi dari pada Bupati dan Wakil Bupati terpilih”.Ujar Bupati Kaimana.

Bupati Kaimana juga berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus memiliki data, sehingga  kedepannya dalam pembahasan program nantinya sudah ada data yang dimiliki sehingga dapat dikembangkan. Beliau juga menghendaki selain membahas RPJMD, juga minta supaya harus berbarengan dengan RKPD 2022, dan juga APBD perubahan tahun 2021 nantinya.

Pada kesempatan yang sama pelaksana tugas Sekda juga menjelaskan tentang apa yang telah disampaikan Bupati Kaimana melalui video conference, terkait penyusunan program yang harus cepat dan tepat waktu dan harus bermuara kepada visi misi Bupati dan wakil Bupati tahun 2021 – 2026.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bappeda Litbang dalam pemaparan materi pembahasan awal RPJMD dihadapan para kepala OPD, telah menjelaskan tentang penyusuna  program yang akan dilakukan nantinya agar tidak terlepas dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kaimana yang telah menjadi Visi dan Misi Kabupaten Kaimana dengan mengacu pada data yang dimiliki oleh tiap-tiap OPD.

Mengakhiri rangkaian acara rapat pembahasan awal RPJMD, Bupati Kaimana menghimbau kepada team yang dibentuk oleh Bappeda Litbang agar secepatnya melakukan pertemuan-pertemuan denga OPD guna membahas hal-hal yang menjadi program yang nantinya akan dimuat dalam RPJMD 2021-2026. Beliau juga menggaris bawahi beberapa program yang menjadi prioritas pemerintah dalam RPJMD yang berpihak kepada masyarakat.

“saya menggarisbawahi bahwa program kita yang harus kita perhatikan dalam pengisian RPJMD yang pertama adalah 4 Miliar untuk satu kampung, Air bersih, Membangun Sentra Ekonomi di setiap Distrik, Menjadikan Kaimana sebagai Kota Wisata” himbau Bupati.

“sekali lagi program yang dibuat ini betul-betul harus berpihak kepada kepentingan masyarakat. Jadi mindset berpikir kita ASN itu kita rubah. Bukan hanya program kita keluarkan, tapi tidak bermanfaat bagi masyarakat banyak”. Tutup Freddy Thie mengakhiri kegiatan pembahasan RPJMD Kabupaten Kaimana 2021-2026.

Hidayat Sirfefa

Related post