PEMBUKAAN ADVOKASI KEAMANAN PANGAN DI KABUPATEN KAIMANA TAHUN 2021

 PEMBUKAAN ADVOKASI KEAMANAN PANGAN DI KABUPATEN KAIMANA TAHUN 2021

Kegiatan Advokasi Keamanan Pangan Di Kabupaten Kaimana

Pelakasana Tugas Harian Bupati Kaimana Luther Rumpumbo, S.Pd, MM menghadiri acara Advokasi Kegiatan Intervensi Keamanan Pangan dalam rangka Program Prioritas Nasional Badan POM Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) Tahun 2021, yang diselenggarakan BPOM Manokwari, Kamis (22/04/2021) di Kaimana Beach Hotel.

Para Kepala OPD serta Undangan Kegiatan Advokasi Keamanan Pangan

Hadir Pada acara tersebut, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Dinas Perindakop, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Satuan Polisi Pamomh Praja, Sekretaris Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, kepala Kelurahan Krooy dan Kepala Kampung Trikora serta para Undangan.

Pelaksana Tugas Harian Bupati Kaimana Luther Rumpumbo,S.Pd, MM dalam sambutannya mengatakan pangan adalah kebutuhan dasar hidup manusia yang paling utama. Dan dalam pertumbuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Seperti yang diamanatkan dalam UU Pangan Nomor 18 tahun 2018 serta dijamin oleh UUD Negara RI 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sambutan Pelaksana Tugas Bupati Sekaligus Membuka Acara Secara Resmi

“Pangan adalah kebutuhan dasar hidup manusia yang paling utama. Dan dalam pertumbuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia. Seperti yang diamanatkan dalam UU Pangan Nomor 18 tahun 2018 serta dijamin oleh UUD Negara RI 1945. Oleh karenanya, pemerintah berkewajiban wujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman dan , bermutu, dan bergizi seimbang baik tinkat nasional maupun daerah termasuk pedesaan hingga perseoranggan hingga merata di wilayah NKRI sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan dan budaya local.” Ujar Rumpombo dalam sambutannya.

Sambutan Kepaka BPOM

Kepala BPOM Manokwari, Herianto Baan,S.Si, Apt, dalam kesempatan sambutan pembukanya mengatakan, Kabupaten Kaimana merupakan salah satu dari tiga kabupaten yang dipilih di tahun 2021 untuk melaksanakan kegiatan advokasi ini. Menurut beliau, program keamanan pangan merupakan program Nasional. Hal ini dilakukan dalam rangka  untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya ketahanan pangan.

Foto Bersama BPOM dan Kepala OPD Yang Hadir

Acara advokasi dibuka oleh Pelaksana Tugas Harian Bupati, ditandai dengan penabuhan tifa dan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen bersama dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Hidayat Sirfefa

Related post