PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH DAN DIALOG KEBAGSAAN DALAM RANGKA HUT RI KE-76 DI KABUPATEN KAIMANA

 PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH DAN DIALOG KEBAGSAAN DALAM RANGKA HUT RI KE-76 DI KABUPATEN KAIMANA

Pengibaran Bendera dan Dialog Kebangsaan Dalam Rangka HUT RI Ke-76 Di Kabupaten Kaimana

Bupati Freddy Thie dan wakil bupati Kaimana Hasbulla Furuada beserta anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah, Perwakilan Legiun Veteran Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh-Tokoh Agama danTokoh Perempuan sertaTokoh Pemuda, menghadiri acara Pengibaran Bendera dan Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan pada hari Minggu  (15/08/2021) oleh Panitia Perayaan HUT RI Ke-76, bertempat di di Taman Jokowi Iriana/Taman Kota Kaimana

Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Pada Pengibaran Bendera dan Dialog Kebangsaan di Taman Jokowi Iriana (Taman Kota Kaimana)

Dalam Laporan Ketua Panitia HUT RI Ke-76, Jafar Werfete menjelaskan tentang beberapa kegiatan yang dilakukan dalam menyambut HUT RI Ke-76 dengan menerapkan Protokol Kesehatan yakni Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Upacara Deti-detik Proklamasi, Mengikuti Upacara secara daring dari Istana Negara yang akan diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta anggota Forkopimda dan Upacara Penurunan Bendera dan Pidato Bupati Live di Youtube tentang kebijakan dan hasil-hasil pembangunan yang dicapai oleh Kabupaten Kaimana serta beberapa lomba yang salah satunya adalah Lomba RT Keren.

Laporan Ketua Panitia HUT RI Ke-76 Pada Pengibaran Bendera dan Dialog Kebangsaan di Taman Jokowi Iriana (Taman Kota Kaimana)

“Kita sebut Kegiatan Lomba RT Keren, karena panitia akan menilai RT di dalam kota Kaimana mulai dari Coa sampai Andaair dengan beberapa kriteria yaitu Kebersihannya, Bagaimana pengelolaan sampahnya, Kerapiannya, kemudian Bagaimana Penanganan Covid-19 di RTnya, dan juga salah satu yang dinilai adalah partisipasi warganya dalam memeriahkan HUT RI yang ke-76”. Ucap Jafar dalam laporannya.

Baupati Kaimana dalam sambutan singkatnya memaparkan tentang bagaimana kita sebagai generasi muda kita harus mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Menurutnya bagaimana mengimplementasi sila sila dari  Pancasila kepada masyarakat yakni salah satunya dengan memberikan kesejahtraan kepada masyarakat.

Dalam sambutanya beliau juga mengajak masyarakat  agar bersatu melawan covid-19 yang ada dengan aktivitas-aktivitas yang positif, melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar masyarakat terbebas dari pendemi.

“Kita ini harus melawan covid-19 dengan aktivitas-aktivitas yang positif salah satunya olahraga untuk menaikkan imun tubuh kita.  Saya yakin atas pertolongan Tuhan yang Maha Kuasa, kita Kabupaten Kaimana dalam waktu dekat akan secepatnya mengendalikan covid 19” Tegas Bupati Kaimana dalam sambutannya.

Sambutan Bupati Pada Pengibaran Bendera dan Dialog Kebangsaan di Taman Jokowi Iriana (Taman Kota Kaimana)

Lebih lanjut beliau juga menekankan tentang pentingnya masyarakat Kaimana menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terdapat pada Empat Pilar Kebangsaan yang ada, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, terutama dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah berusia 76 tahun.

“Empat Pilar Kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah kumpulan nilai-nilai Luhur yang harus kita jaga bersama-sama kita tahu bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia, untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kaimana supaya kita berpegang kepada Empat Pilar Kebangsaan tersebut” Himbau Bupati Kamana

Pengibaran Bendera di Taman Jokowi Iriana (Taman Kota Kaimana) oleh Toko-tokoh Agama, Tokoh Adat , Tokoh Masyarakat , Tokoh Pemuda dan Perwakilan Legiun Veteran

Usai memberikan sambutan Bupati Kaimana melakukan  penekanan tombol sirine tanda dikibarkannya bendera merah putih secara serempak oleh Toko-tokoh Agama, Tokoh Adat , Tokoh Masyarakat , Tokoh Pemuda dan Perwakilan Legiun Veteran dan juga sebagai tanda diresmikannya kegiatan lomba yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-76.

Bupati Kaimana Menyerahkan Bantuan Kepada Perwakilan Legiun Veteran Kaimana

Usai melakukan penekanan sirine dan pengibaran bendera secara serentak  acara dilanjutkan dengan dialog kebangsaan yang dipandu langsung oleh moderator Jafar Werfete  yang juga sebagai ketua panitia perayaan HUT RI yang ke-76, dengan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana sebagai Narasdumber, kemudian dilanjutkan dengan Pemberian Bingkisan dari Pemerintah Daerah berupa uang senilai Rp 400.000.000,- kepada Perwakilan Legiun Veteran yang hadir. 

Sesi Foto Bersama Pada Acara Pengibaran Bendera dan Dialog Kebangsaan di Taman Jokowi Iriana (Taman Kota Kaimana)

Mengakhiri seluruh rangkaian acara Pengibaran Bendera Serentak dan Dialog Kebangsaan ditandai dengan  doa yang dibacakan oleh Ustad Muhammad Zaini Farisa dan diakhiri dengan sesi foto bersama  antara Bupati Wakil Bupati beserta Anggota Forkopimda yang hadir.

Hidayat Sirfefa

Related post