PENYERAHAN 31.200 BIBIT TANAMAN PALA OLEH BUPATI KAIMANA KEPADA LELOMPOK TANI

 PENYERAHAN 31.200 BIBIT TANAMAN PALA OLEH BUPATI KAIMANA  KEPADA LELOMPOK TANI

Bupati Kaimana Menyerahkan Bibit Tanaman Pala Secara Simbolis Kepada Kelompok Tani

KABUPATEN KAIMANA – Bupati Kaimana Freddy Thie didampingi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kaimana Wa Nursyani, beserta  tim dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kementerian Investasi Republik Indonesia bersama Mitra kerjanya melakukan penyerahan bibit tanaman pala secara simbolis kepada kelompok tani pada hari Kamis (09/09/2021), bertempat di  Area Persemayan Dinas Jalan Batu Putih Kaimana.

Penyerahan bibit secara simbolis yang diterima oleh masing-masing ketua kelompok tani, yang terdiri dari 260 orang petani ini,  menurut laporan  Albert Kamandirai  Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kaimana merupakan bagian dari program bantuan Provinsi Papua Barat yang pembiayaannya berasal dari APBD 2021. Diharapkan bibit-bibit tersebut dapat menjadi salah satu penunjang bagi masyarakat dari sektor perkebunan di Kabupaten Kaimana.

Bupati Kaimana Hadiri Acara Penyerahab Bibit Tanaman Oala Kepada Kelompok Tani

Bupati Kaimana dalam sambutannya mengajak penerima bibit  tanaman pala yang berjumlah 260 petani penerima agar bantuan bibit pala yang diberikan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat  melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kaimana yang berjumlah 31.000 bibit ini betul-betul dimanfaatkan dan harus  ditanam di kebunnya masing-masing  dan Jangan dibiarkan tumbuh di pekarangan rumah petani.

“Khususnya untuk petani penerima Kalau tidak salah 260 orang di mana 1 Kakak dapat 120 pohon harapannya pala yang diterima ini jangan hanya taruh di pekarangan rumah tapi betul-betul ditanam di kebun yang Bapak Ibu punya sesudah itu dijaga dan dirawat supaya ke depan kalau orang kenal Fakfak sebagai penghasil pala Kaimana tidak boleh kalah”. Ujar Bupati Kaimana

Dalam sambutannya Bupati Kaimana mengingatkan kembali  tentang adanya  tanaman pala bagi masyarakat Kabupaten Kaimana yang bukan merupakan hal baru.  Dahulu kala Pala tumbuh di Kaimana dikarenakan bijinya jatuh dimakan burung dan setelah itu Masyarakat mulai menanamnya hingga pemerintah Kabupaten Kaimana terbentuk dan kita mengenal program-program pemerintah yang mengarah pada peningkatan Pendapatan Masyarakat melalui Program Sejuta Pala.

Sambutan Bupati Kaimana Dalam Acara Penyerahan Bibit Tanaman Pala

Lebih lanjut, Bupati Kaimana dalam sambutannya menceritakan tentang kehadiran Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Kementerian Investasi Republik Indonesia bersama Mitra kerjanya PT. Sucofindo di ruang kerjanya terkait peningkatan pertanian terutama komoditi tanaman pala sebagai komoditas unggulan di kabupaten Fakfak dan Kaimana,

“Saya kemarin menerima pihak BKPM RI dan PT. Sucofindo di ruangan saya, saya titip pesan kalau mau hidupkan petani pala jangan hanya lihat Fak-fak saja, Kaimana juga harus diperhatikan karena pala di Kaimana tidak kalah dengan Fak-fak. Oleh sebab itu, saya minta kepada seluruh petani pala yang hari ini mendapat bantuan bibit pala bisa dimanfatkan sebagai komoditas unggul untuk sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat”, Tutur Freddy Thie putra dari  pengekspor Biji dan Bunga Pala ini.

Penyerahan Bibit Tanaman Pa;a Oleh bUPATI kAAIMANA
Penyerahan Bibit Tanaman Pala Kepada Perweakilan Kelompok Tani DI Kabupaten Kaimana

Usai memberikan Sambutan, Bupati Kaimana yang didampingi Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kaimana Wa Nursyani, beserta  tim BKPM Kementerian Investasi Republik Indonesia bersama Mitra kerjanya PT. Sucofindo melakukan penyerahan bibit tanaman pala secara simbolis kepada penerima disaksikan oleh tamu undangan yang hadir.

Hidayat Sirfefa

Related post