PERAYAAN HUT RI KE-75 DI KABUPATEN KAIMANA

 PERAYAAN HUT RI KE-75 DI KABUPATEN KAIMANA

Perayaan HUT RI KE-75 di Kabupaten Kaimana

Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam menyambut HUT RI Ke -75, pada tanggal 17 Agustus 2020, diawali dengan Agenda Renungan Suci  dalam rangka memberikan penghormatan kepada jasah para pahlawan yang gugur sebagai Kusuma Bangsa di Taman Makam Pahlawan Gunung Genova Kaimana pada hari Minggu, 16 Agustus 2020, pukul 22:00 WIT, yang dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda dan Beberapa Kepala OPD dengan pelaksanaan sesuai protokoler kesehatan.

Renungan Suci Di Taman Makam Pahlawan
Bupati, Wakil Bupati bersama Forkopimda dalam Renungan Suci Di Taman Makam Pahlawan

Menjadi agenda rutin setiap tahun,  dalam menyambut  HUT RI KE-75. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kaimana mendapat Remisi (pengurangan masa tahanan) pada 19 penghuni Lembaga Pemasyarakatan. Remiisi yang diserahkan  kepada Pemerintah Daerah oleh lapas diwakili oleh Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos., MH. Untuk diberikan kepada penghuni lapas pada Apel pemberian Remisi di Halaman Kantor Lapas Kaimana, Senin (17/08/2020).Pukul 08:00 WIT.

Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, S.Sos., MH. Menyerahkan Remisi secara simbolis kepada penghuni Lapas disaksikan oleh Kepala Lapas Kelas III Kaimana.
Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, S.Sos., MH. Menyerahkan Remisi secara simbolis kepada penghuni Lapas disaksikan oleh Kepala Lapas Kelas III Kaimana.

Dalam pelaksanaan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di Kabupaten Kaimana tahun 2020, yang dilaksanakan  di lapangan Apel Kantor Bupati Kaimana, pada 17 Agustus 2020.  Pemerintah Kabupaten Kaimana menyelenggarakannya secara terbatas dan dengan mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Bupati, Wakil Bupati beserta Forkopimda di ruang istirahat sebelum upacara
Bupati, Wakil Bupati beserta Forkopimda di ruang istirahat sebelum upacara
Memperingati HUT RI KE-75

“Untuk pelaksanaan upacara pada hari ini, Senin (17/08/2020) pukul 09.00 WIT, upacar HUT RI KE-75 yang bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Kaimana. Peserta upacara terdiri dari 30 orang, yang terdiri dari satpol PP, Polri dan TNI. Tamu undangan fokus hanya pada Forkopimda dan beberapa Kepala OPD yang telah di atur oleh panitia pelaksana,” ujar Tomako Samaran Kabag Humas SEKDA Kabupaten Kaimana.

Foto bersama Bupati, Wakil Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Kaimana sebelum Upacara HUT RI KE-75
Foto bersama Bupati, Wakil Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Kaimana sebelum
Upacara HUT RI KE-75

Pelaksanaan Upacara HUT RI KE-75 kali ini dilakukan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perayaannya dilakukan sederhana, disebabkan karena pemerinta sedang gencar-gencarnya memutus penyebaran wabah Pendemi Covid-19, oleh sebab itu panitia  membatasi peserta upacara, berdasarkan petunjuk Kementrian Sekretaris Negara, bahkan tim paskibra, dibatasi hanya tiga orang yang bertugas untuk mengibarkan bendera.

Tim paskibgra yang dibatasi menjadi tiga orang perwakilan dari  SMA Negeri
Tim paskibgra yang dibatasi menjadi tiga orang perwakilan dari SMA Negeri

Upacara dalam rangka memperingati HUT RI KE-75, di Kabupaten Kaimana., bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma, Pembaca Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Kaimana Irsan Lie dan Komandan Upacara adalah Pasi Intel Kodim1804 Kaimana, Kapten Infantri Salim.  

Usai Upacara  agenda selanjutnya adalah merupakan agenda virtual yang dipusatkan di ruang  Rapat Kantor Bupati Kaimana, dalam rangka mengikuti peringatan HUT RI KE-75 secara virtual dari Istana Negara. Bupati, Wakil Bupati beserta Forkopimda mengikuti jalannya perayaan dari istana secara virtual dengan menggunakan Pakaian Adat Khas Papua.

Wawancara Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma

Pada kesempatan yang sama, Matias Mairuma, saat diwawancarai beberapa wartawan di Kaimana, usai memperingati HUT RI KE-75,  terkait evaluasi sementaranya, beliau Menjelaskan, jika sector pendidikan di Kabupaten Kaimana, masih menjadi pekerjaan rumah bagi Bupati berikutnya.

Mengakhiri penjelasanya terkait pertanyaan beberapa wartawan tentang hasil test CPNS 2018,  Bupati Kaimana menjelaskan tentang kepuasannya pada tatap muka antara Menpan RB dengan Gubernur Papua Barat serta seluruh Bupati/Wali Kota se-Papua Barat.

“Saya yang sangat puas pada pertemuan dengan Menpan RB bersama Gubernur Papua Barat dan seluruh bupati/walikota se-Papua Barat. Saya mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan pikiran saya. Hasilnya pemikiran saya menjadi pertimbangan Menpan dan Menpan memberikan kewenangan  itu kepada daerah,” ujarnya kepada wartawan.

Hidayat Sirfefa

Related post