PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2021 OLEH BUPATI KAIMANA SECARA VIRTUAL

 PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2021  OLEH BUPATI KAIMANA SECARA VIRTUAL

Bupati dan Wakil Bupati beserta anggota Forkopimda dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual di ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Kabupaten Kaimana mengikuti perayaan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang dilakukan di Gedung Pancasila Kemeterian Luar Negeri dan Istana Negara Bogor secara virtual pada Selasa (01/06/2021) bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Bupati dan Wakil Bupati beserta anggota Forkopimda dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual di ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Hadir Pada peringatan tersebut Bupati Kaimana Freddy Thie,  Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, S.P,  Ketua DPRD Kaimana Irsan Lie, Wakil Ketua Pengadilan  Negeri Kaimana Dinar Pakpahan, SH. Kapolres Kaimana AKBP Iwan P. Manurung, SIK, Dandim 1804 Kaimana Letkol Inf. Chairi Suhanda, M. Han serta  Komandan Batalyon Infanteri 764 Iamba Baua  Kaimana Letkol Inf. Dwi Dipoyono, S.Sos.

Bertampat di Istana Negara Bogor Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara mengenakan pakaian adat dari daerah Kalimantan Selatam dan Komandan Upacara, Kol.Inf Muhammad Gogon Jabatan Asisten Pasukan Pengamanan Presiden beserta peserta upacara bertempat di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jl. Taman Pejambon No.6, RT.9/RW.5, Senen, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Bupati dan Wakil Bupati beserta anggota Forkopimda dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual di ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana

Bupati Dan Wakil Bupati Kaimana beserrta anggota Forkopimda mengikuti jalannya upacara langsung dari Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana, dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Bupati Kaimana dan Wakil Bupati Kaimana beserta Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kaimana hadjir pada acara tersebiut dengan menggunakan pakaian adat khas papua.

Presiden Republik Indonesia megajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam memperkokoh nillai luhur dari pancasila  yang telah dicetuskan para pendahulu-pendahulu kita dalam amanat upacara memperingati hari Kelahiran Pancasila yang dilakukan secara virtual.

Amanat Presiden Republik Indonesia pada Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional dan generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.  Selamat Memperingati Hari lahirnya pancasila selamat membumikan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat ”. Tegas Jokowi mengakhiri Amanatnya.

Usai mengikuti jalannya upacara secara virtual bupati kaimana mengajak masyarakat untuk tidak membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lain, namun tetap menjaga persatuan guna mewujudkan Indonesia sebagai Negara yang sejahtera.

Bupati Kaimana Dalam Wawancara Usai Upacara

“Sebagai warga Indonesia harus  punya rasa memiliki Republik Indonesia ini. walau kita berbeda-beda suku tapi kita tetap satu Indonesia, untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat   jangan ada perbedaan tetapi kita harus bersatu untuk bangun Indonesia untuk indonesia yang maju adil dan sejahtra” Ungnkap Bupati usai upacara.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandin 1804 Kaimana tentang bagaimana  mengimplementasikan Hari Lahirnya Pancasila dalam falsafah hidup berbangsa yang menginginkan persatuan dan kebersamaan dalam kerangka Bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia.

Dandim 1804 Kaimana Dalam Wawancara Usai Upacara

“Dalam  falsafah kita yang kita banggakan tidak ada istila siapa, dari suku dan ras, mana, tetapi kita ada dalam bingkai satu kesatuan, dan yang paling penting adalah bagaimana kita menghadapi Pandemi Covid-19 yang kita sedang hadapi saat ini” ujar Dandim 1804 Kaimana

Kapolres Kaimana usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga menghimbau kepada masyarakat agar Pancasila tidak hanya dihafal tetapi  harus menanamkan nilai-nilai sikap dan perilaku yang terkandung di dalam Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kapolres Kaimana Dalam Wawancara Usai Upacara

“PancasilaTidak hanya dihafal tetapi harus diimplementasikan dalam hidup sehari-hari serta berjiwa kebangsaan. Itu yang penting. Harapan saya dengan lahirnya pancasila kita setiap tahun bukan hanya ceremonial tetapi harus menanamkan nilai-nilai sikap dan perilaku kita dalam bekerja pada pengabdian bangsa dan negara mulai yang paling kecil dulu di Kabupaten ini” Ujar Kapolres.

Foto Bersana Bupati dan Wakil Bupati Bersama anggota Forkopimda usai Upacara

Mengakhiri seluruh rangkaian upacara peringatan hari lahirnya pancasila secara virtual, Bupati dan Wakil Bupati kaimana melakukan foto bersama dengan anggota Forkopimda yang hadir pada acara tersebut..

Hidayat Sirfefa

Related post