RAPAT TINDAK LANJUT PERSIAPAN PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020

 RAPAT TINDAK LANJUT PERSIAPAN PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kaimana, Jalan Sapta Taruna  Kaimana, Sekda Kabupaten Kaimana Rita Teurupun, S.Sos, didampingi Asisten I mengikuti Rapat Koordinasi melalui Video Conference, Kesiapan Pilkada serentak tanggal 09 Desember tahun 2020 dengan Sekretaris  KPU dan Sekda Pemprov Papua Barat, Nataniel D. Mandacan beserta, Bupati Dan Walikota se-provinsi Papua Barat,  rabu (10/06) pagi.

Dalam kesempatan Ficon tersebut Sekretaris KPU Provinsi menjelaskan tentang pelaksanakan Pemilu tahun 2020,  yang merupakan Pilkada Serentak yang telah ditetapkan  tanggal 09 Desember 2020. Hal ini dilakukan mengingat penerapan New Normal dimasa Pandemik Covid-19 ini  akan dilaksanakan, tentunya terdapat tantangan baru dalam pelaksanaan Pemilu Pilkada Serentak. Oleh karenanya, diharapkan kepada seluruh instrument pelaksanaan Pemilu agar membangun koordinasi yang lebih intens, baik ditingkat Provinsi sampai pada tingkat Kampung.

Hal ini tidak lain dimaksudkan agar pelaksanaan pemilu dimasa Pandemik tidak pula menjadi halangan bagi seluruh masyarakat untuk memberikan haknya, sebagai bentuk implementasi kedaulatan berdemokrasi.

Sekda Kaimana, Asisten I Dan KPUD Beserta Bawaslu dalam Video Conference

Hal senada juga disampaikan Sekda Papua Barat Nataniel D. Mandacan, terkait beberapa tantangan maupun solusi penyelenggaraan pilkada serentak di masa pandemi Covid-19 ini. Diantaranya terkait masalah anggaran yang saat ini sedang dibahas, dan berbagai persiapan pilkada serentak yang akan digelar berdasarkan aturan protokoler kesehatan.

Sedangkan masalah keamanan dan ketertiban, menurut Beliau dibutuhkan langkah cepat, diantaranya membahas kembali kesiapan anggaran yang harus disejalankan dengan pemenuhan fasilitas dalam menjamin kesehatan masyarakat, serta keterlibatan Unsur TNI dan Polri yang akan menjadi ujung tombak pengamanan dan penertiban.

Pernyataan Sekda Kaimana Live melalui Video Conference dari Ruang Rapat Bupati Kaimana

Melalui tanya jawab yang dilakukan secara live  melalui video conference, Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana Rita Teurupun, S.Sos melalui amanat Bupati Kaimana menyampaikan  kesiapan  Kabupaten Kaimana dalam  menyongsong Pilkada Serentak 2020 pada  tanggal 09 Desember  mendatang dengan melaksanakan beberapa tahapan seperti pelantikan KPPS dengan dengan beberapa agenda lainnya dengan menerapkan  Protokol Kesehatan yang telah ditentukan oleh satuan tugas penanganan Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kabupaten Kaimana  juga menegaskan bahwa jaminan keselamatan bagi para perangkat Pemilu juga harus menjadi perhatian bersama, mengingat para petugas akan melakukan pelayanan dengan begitu banyak massa.

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan mencegah penularan Covid-19, tanpa mengurangi tujuan dan asas-asas pelaksanaan demokrasi.

Hidayat Sirfefa

Related post