SOSIALISASI PELAKSANAAN IMUNISASI VAKSIN COVID-19 DI LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN KAIMANA

 SOSIALISASI PELAKSANAAN  IMUNISASI VAKSIN COVID-19 DI LINGKUP  PEMERINTAH KABUPATEN KAIMANA

Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui Dinas Kesehatan gelar Sosialiasi  Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Selasa (02/01/2021).

Pelaksanaan sosialisasi imunisasi Covid-19 di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana dilakukan di ruang rapat Kantor Bupati Kaimana.  Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Kaimana, beserta FORKOPIMDA, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat dan Dewan Adat serta Pimpinan-pimpinan Organisasi.

Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Ruang Rapat Kantor Bupati

Acara sosialisasi dipandu oleh Kepala Dinas Kesehatan Arifin Sirfefa, S.KM, MM. Dalam pembukaan sosialisasi, Kepala Dinas Kesehatan  menyampaikan bahwa pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 sudah resmi dimulai, sesuai dengan instruksi dan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat divaksin Covid-19 untuk pertama kalinya (13/1/21) lalu. Yang selanjutnya mulai dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan juga kabupatan/kota sesuai dengan penunjukan dari pemerintah pusat.

Khusus di Kabupaten Kaimana,  direncanakan dilaksanakan pada Rabu,(03/02/21) dengan lokasi kegiatan bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kaimana jalan Batu Putih yang nantinya akan diikuti oleh pejabat daerah, Forkopimda dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Hal ini dikarenakan Kabupaten Kaimana telah menerima jatah vaksin yang telah diterima pada hari jumat (29/01/21) yang didistribusikan langsung oleh Pemrov Papua Barat.

Arahan Wakil Bupati dalam acara Sisialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Dalam arahan singkat Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa, S.Sos, MH. berharap sosialisasi ini tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan kepada masyarakat, tetapi harus melibatkan pihak-pihak yang terkait seperti Dias Kominfo, pihak Militer, Kepolisian, Tokoh Agama dan para pihak yang memiliki keterkaitan langsung dan tidak langsung dengan masalah ini. Dengan suatu harapan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya vaksin Covid-19. “Saya berharap Adanya beberapa informasi yang mungkin masih sulit dimengerti oleh masyarakat, seperti berita hoax yang berseliuran terkait pemberian vaksin ini,  Maka dari itu, perihal vaksinasi ini diharapkan terus disosialisasikan secara masif dan terus menerus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat seputar vaksin Covid-19 yang ada saat ini,” ujar  wakil bupati.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kaimana Irsan Lie, terkait sosialisai vaksinasi Covid -19. “Kami berharap kepada pihak-pihak yang akan melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 nantinya, Agar dapat menemukan formula yang tepat, serta dapat menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dicerna oleh masyarakat kita, sebab masyarakat kita sangan bervariasi tingkat pemahamannya”, ujarnya.

Presentasi prosedur pelajsanaan vaksinasi Covid-19

Dalam pemaparan presentasi, pihak kesehatan telah menjelaskan terkait betapa pentingnya vaksinasi ini, sebab penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada orang yang belum pernah terpapar. Dan hal ini juga akan berdampak pada bagaimana  memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity atau Virus Corona. Kekebalan kelompok tersebut diperoleh dari individu-individu yang  akan  mendapatkan vaksinasi nantinya. Hal ini dilakukan untuk melindungi warga masyarakat Kabupaten Kaimana.

Untuk itu sosialisasi ini bertujuan guna menyampaikan informasi-informasi terkait persiapan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kaimana sesuai dengan data dan fakta, agar tidak terjadi salah persepsi di tengah-tengah masyarakat. Ditegaskan juga sebagai pemahaman masyarakat bahwa vaksin bukanlah obat, vaksin merupakan upaya pencegahan Covid-19. Jadi tetap harus berpedoman utama protokol kesehatan, tetap dengan konsep 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) demi keselamatan bersama terutama kita yang ada di Kabupaten Kaimana.

Hidayat Sirfefa

Related post